Monday, October 27, 2014

7 Salah Kaprah terhadap Orang Batak

Terutama yang sering RASIS, BACAA!!!!
----------------------------------------------------------------------------------

Oleh: @jonru
Mumpung lagi rame ngomongin orang Batak, berikut saya copas sebuah tulisan lama saya.
Tulisan ini dulu pernah dimuat di blog pribadi saya di Multiply.com. Tapi berhubung Multiply sudah tewas, maka tulisan tersebut pun hilang. Untungnya, ada beberapa orang yang mengcopy paste tulisan tersebut. Maka saya copas lagi di sini.
=================
Salah kaprah #01:
Batak itu sebenarnya bukan suku, tapi sebuah klan (kalo gak salah sih). Ada lima suku yang terdapat dalam klan Batak, yakni Tapanuli, Karo, Simalungun, Mandailing, dan Pak Pak (bukan Pakpahan, lho. Pak Pak adalah suku, sedangkan Pakpahan adalah salah satu marga pada suku batak tapanuli).
Salah kaprah #02:
Di Sumatera Utara sendiri, yang disebut sebagai "suku batak" HANYA suku Tapanuli (biasa juga disebut batak toba). Sedangkan suku-suku batak lainnya (Karo, Mandailing, Simalungun, dan Pak Pak), tidak pernah disebut sebagai Batak. Entah kenapa, orang-orang batak non-tapanulis ini tidak bersedia disebut sebagai "orang batak". Bagi mereka, batak itu HANYA identik dengan Tapanuli atau Toba. Selain itu, tidak!
Saya sendiri, ketika dulu masih tinggal di Sumatera Utara, tidak pernah menyebut diri saya sebagai orang Batak. Baru setelah merantau ke Jawa, saya selalu mengenalkan diri sebagai orang batak. Kenapa? Ini cuma demi alasan kepraktisan saja. Kalau saya mengaku sebagai "orang karo", orang akan bertanya tanya: apa itu karo? dari mana? dan sebagainya. Jadi agar pembicaraan tidak panjang dan bertele-tele, lebih baik mengaku sebagai orang batak saja. Beres!
Salah kaprah #03:
Orang selalu mengidentikkan 'batak' dengan kata-kata Horas, Bah, dan sebagainya. Padahal kata-kata seperti ini HANYA terdapat pada bahasa tapanuli. Pada suku batak lainnya (termasuk batak karo), bahasanya sudah berbeda. Jadi, saya sebenarnya sering kali merasa geli ketika ada orang yang menyapa saya dengan horas atau bah!
Perlu diketahui, perbedaan bahasa pada suku-buku batak tidaklah seperti perbedaan bahasa pada suku jawa. Orang solo dan orang surabaya, walau banyak bahasanya yang berbeda, namun mereka masih tetap saling mengerti jika ngobrol dengan bahasa masing-masing. Namun, pada bahasa batak tidaklah demikian. Bahasanya benar-benar berbeda. Jika misalnya ada orang tapanuli ngobrol dengan orang karo, mereka harus menggunakan bahasa indonesia agar bisa saling mengerti.
Salah kaprah #04:
Dalam hal berbahasa, orang batak tapanuli biasa mengucapkan huruf e pepet (seperti pada kata-kata lemah, pecah, sekadar, dst), menjadi e taling (seperti pada kata-kata pendek, belok, dst). Kebiasaan ini tidak berlaku pada suku batak lainnya. Dan lucunya, ketika ada orang yang tahu bahwa saya orang batak, mereka langsung menyapa saya dengan meniru kebiasaan orang batak tapanuli tersebut. Saya terpaksa tersenyum geli, karena saya orang batak karo. Dan dalam bahasa batak karo, hal-hal seperti ini sama sekali tidak dikenal.
Salah kaprah #05:
Saya seringkali jengkel karena sering ditanyai seperti ini:
"Marga Panjaitan itu islam atau kristen?"
"Nasution itu islam atau kristen?"
"Ginting itu islam atau kristen?"
Saya pikir, tidak ada hubungan antara marga dengan agama atau kepercayaan apapun. Marga adalah "warisan" yang diperoleh oleh setiap orang batak sejak ia lahir, dan tidak bisa diubah sampai kapan pun. Sedangkan agama/keyakinan adalah hak setiap individu. Mereka bisa pindah agama kapan saja mereka mau.
Jadi, pertanyaan seperti itu sebenarnya sangat tidak relevan. Memang sih, ada kecenderungan bahwa sebagian besar suku Batak Mandailing beragama islam, dan sebagai besar suku batak lainnya beragama kristen. Tapi dalam hal-hal seperti ini, kita tentu tidak bisa melakukan generalisasi.
Saya misalnya. Sebagian besar suku batak karo adalah beragama kristen. Tapi saya dan seluruh keluarga saya beragama islam. Demikian pula Bapak Tifatul Sembiring yang masih satu suku dengan saya (batak karo).
Salah kaprah #06:
Banyak orang yang mengira bahwa suku asli di sumatera utara hanyalah orang batak. Padahal, tidaklah demikian. Ada tiga suku asli yang berasal dari sumatera utara:
1. batak (yang terbagi atas lima suku).
2. melayu deli yang sebagian besar beragama islam.
3. nias
Perlu diketahui pula bahwa warga sumatera utara tidak mayoritas beragama kristen (seperti yang diduga banyak orang). Menurut sensus yang pernah saya baca, 60 persen penduduk sumatera utara justru beragama islam.
Salah kaprah #07:
Banyak orang yang mengira bahwa penduduk asli di Medan (maksudnya kota Medan) adalah orang Batak. Ini adalah salah kaprah yang cukup kronis. Medan dan daerah-daerah di sekitarnya adalah termasuk wilayah Deli, dan penduduk aslinya adalah suku Melayu Deli.
Suku Batak sendiri berasal dari daerah-daerah lain.
Batak Mandailing misalnya, berasal dari Kabupaten Tapanuli Selatan (ibukotanya Padang Sidempuan) dan sekitarnya. Lokasinya dekat dengan Sumatera Barat. Mungkin inilah sebabnya, mayoritas suku Mandailing beragama Islam.
Batak Tapanuli/Toba berasal dari daerah yang cukup luas, mencakup Kabupaten Tapanuli Tengah dan Tapanuli Utara.
Batak Karo berasal dari Kabupaten Karo yang lokasinya sudah dekat dengan Propinsi Nangroe Aceh Darussalam, khususnya kabupaten Aceh Tenggara.
Batak Simalungun berasal dari Kabupaten Simalungun dan sekitarnya.
Batak Pakpak berasal dari kabupaten Dairi dan sekitarnya.
Memang, secara umum, kota Medan saat ini banyak dihuni oleh orang Batak. Tapi ini bukan berarti penduduk asli Medan adalah orang Batak. Sebagai analogi, Jakarta dihuni oleh orang-orang yang berasal dari beragam etnis dan kebangsaan, namun penduduk aslinya adalah orang Betawi.
Semoga bermanfaat dan maaf kalau ada yang tidak berkenan.

Sunday, December 29, 2013

You and Me


Salah satu yang membuat mimpi kita melambung tinggi adalah faktor lingkungan. Jika mendapat lingkungan dengan orang-orang yang selalu berusaha dan terus berusaha meraih mimpinya maka otomatis kitanya juga akan ikut terus termotivasi. Namun, ketika berada di lingkungan orang-orang yang adem ayem hanya berdo'a tanpa/sedikit usaha, sedikit banyaknya akan terimbas juga, akan tetapi membiarkan hal itu terjadi adalah salah satu kemunduran  mau dibiarkan atau tidak tergantung bagaimana menyikapinya. 

Meskipun berada di lingkungan yang tidak mendukung namun jangan lantas menyerah begitu saja dengan beralasan tawakal dan qanaah pada ALLAH saja. Pertanyaan yang perlu loe ketahui adalah apakah tawakal dan qanaah itu hanya berserah diri namun penuh pengharapan, menerima ketentuan dariNya namun dengan sedikit usaha??? tentu saja itu tawakal dan qanaah yang salah kaprah. Jika punya pengharapan besar namun hanya berdo'a dan sedikit usaha lebih baik nggak usah menggunakan istilah-istilah yang memberikan kesan loe itu religi. ^^v

Mau seperti apapun lingkungan jangan menyerah padanya, bangkit sendiri jika jatuh itu lebih baik daripada dibangkitkan orang lain. Jika satu langkah telah terbuka mimpi itu di depan mata terus jalani dan pasti ketika melaluinya tidak semua orang tersenyum tulus untukmu, namun biarkan saja, dia belum tentu bisa apa yang loe lakukan seperti sekarang ini. 

Chayooo !!!!!

Friday, December 27, 2013

Abjad Thailand

Salah satu keunikan suatu negara menurut gw adalah ketika negara tersebut memiliki cara penulisan abjad sendiri seperti Korea, Jepang, Thailand, India China dll. Mempelajari penulisan abjad suatu negara menyenangkan dengan catatan kalau moodnya terjaga, penulisan abjad yang baru bisa gw kuasai saat ini hanyalah Hangulnya Korea *bangga* (penulisan loh ya bukan bahasanya, klu bahasanya jelas belum menguasailah,terkecuali gw tinggal di sana :p). Hiragana-Kataka-nya Jepang dulu pernah belajar tapi berhenti belajar sebelum menguasai    -_-" artinya belum bisa. Sekarang  lagi tertarik sama tulisan Thailand (bener nggak ya Abugida namanya?), tapi itu susehnya minta ampyuunn brooo-sis @____@...lagian kayaknya gw suka ama nie negara gara-gara suka ama seseorang yang berkebangsaan Thailand doang dah wkwkwkwkk *dodol*....seperti halnya dulu awal suka sama hangul-nya Korea wkwkwkwk gara-gara suka ama si eeteuk hahahhaa :p :p, secara die suka update twitter dan gw kagak ngarti apa yang die omongin kan bikin semangat belajarnya :p :p. Nah, ini juga gara-gara suka ama si itu tuh yang punya nama kecil 'ter' itu *wink wink* bikin gw pengen belajar abugida juga haha....

Abugida itu mirip kayak tulisan jawa, sunda dan India. Letak perbedaan antara huruf itu susyeh bedainnya, dan lagi jumlah hurufnya yang banyak 44 konsonan 28 vokal pegimane gw ngapalinnya coba -_-".

Ini nieh gambar tulisan abugida yang kriwel-kriwel itu :




Udah mule bisa nulis lagi gw nieh yihaaaaa *wink wink*..... dulu gw sering ngeblog itu pas dimasa-masa skripsi sekarang juga lagi masa-masa tesis mule nulis lagi... kenapa ide nulisnya muncul di saat genting untuk suatu hal ya? -____-a.... apakah ini suatu godaan? au ah gelap..... nyok turu ae :p :p


Monday, December 23, 2013

Dream

Salah satu yang harus kumiliki di masa depan "Green House"

Insya Allah...  !!
 


Wednesday, November 21, 2012

Mendekati Hari H


Terkadang....keraguan justru datang setelah mendekati hari H. Padahal sebelumnya tekad begitu kuat, dan keyakinan begitu besar, dan optimis seolah tak akan ada yang mampu mematahkannya. Mungkin, ini ujiannya, menguji komitmen sampai di mana kekuatannya, akankah berbalik ke belakang atau tetap terus maju ke depan. Ini bukan keraguan diawal sebelum keputusan diambil, tapi keraguan setelah jauh hari keputusan diambil. Jadi, "tinggalkan hal yang meraguan" itu mungkin tidak berlaku dalam hal ini, kenapa? karena sebelumnya sholat istikharah telah dilaksanakan sebagai penolong pembuat keputusan. Apabila tiba-tiba keraguan muncul lagi setelah mendekati hari H, mungkin itu bisikan syaitan. 

~Penasulung~


사랑 이란... 좋아하는 사람을 위해서라면
                             불가능한 일도 해낼 수 있는 것...^_____^

Sunday, August 12, 2012

dua kosong sebelas



Jan 13, '11 10:39 AM
for you
januari
kemaren kunanti
sekarang ku tak berani menatapi
karena belum sempurna berbenah diri
aduhai
bagaimanakah ini
harusnya ku sudah bersiap-siap diri
Tapi kinii
masih juga begini
saatnya bukan lagi meratapi
tapi harus akselerasi
agar cepat tercapai
hal yang di impi

dua kosong sebelas
tak harus memelas
agar yg di harap berbalas
cukup jauhi malas
agar hasil tak seperti ampas

aha... ada dia yang hadir selalu
bak seperti benalu
selalu saja mengganggu
seiring dengan waktu
dia pasti kan berlalu

eh bukan hanya dia tapi juga kamu
selalu saja menggerutu
laksana seperti ratu
protes ini itu
padahal bisa saja kamu belum tentu

ya udah deh terserah elu
gw nggak mau tau
untuk hal ini gw gw elu elu
buat sesuka hatimu jika elu tak malu

aku semakin bingung dengan puisiku
tadi aku-kamu
sekarang gw-elu
intinya pun aku tak tahu
ah yang penting ada bahan bacaanmu 





 

40 Comments
jejak2mimpi wrote on Jan 13, '11
hahhahaha...

manteeeb...kereen puisinya ^^b
penasulung wrote on Jan 13, '11
hahhahaha...

manteeeb...kereen puisinya ^^b
 
hihihii...
iya mb makasih.. udah banyak yg bilang c.. klo aku kereeenn *plaaaaaks
jejak2mimpi wrote on Jan 13, '11
penasulung said
udah banyak yg bilang c.. klo aku kereeenn 
tp masih kerenan aku B-)
znrock wrote on Jan 13, '11
Euheum senasib sama aku ,banyak yg bilang keren hehehhh
*Aku juga suka puisinya*
defildaily wrote on Jan 13, '11
aku jg mau bilang... kerrreeeen ^^
alwaysselalu wrote on Jan 13, '11
110111
fitrahkautsar wrote on Jan 13, '11
11
hwwibntato wrote on Jan 13, '11
he he he ...
mantap ...!
ayo, semangat ...
penasulung wrote on Jan 13, '11
znrock said
Euheum senasib sama aku ,banyak yg bilang keren hehehhh
*Aku juga suka puisinya*
 
tooooss zaki.. sejauh bogor -sukabumi..kereeen ya kita yaa.. emmm 
penasulung wrote on Jan 13, '11
defildaily said
aku jg mau bilang... kerrreeeen ^^ 
tararengkyu mb tararengkyu... ^o^
*melayang layang di awan
nuqiechan21 wrote on Jan 13, '11
ckckck...
januari?
februari menanti mpit
hehe
adamdesign wrote on Jan 13, '11
penasulung said
Tapi kinii 
.... bajuku tak cukup lagi ...

scot emulsion ku tumbuh besaar :D
penasulung wrote on Jan 13, '11
110111 
bukan om hakim sekarang 130111
coba liat kalendernya lg deh
penasulung wrote on Jan 13, '11
11 
yakin mas pasang nomer ini ???
*togel
penasulung wrote on Jan 13, '11
ckckck...
januari?
februari menanti mpit
hehe
 
ya g januari ya februari
g februari ya maret
g maret ya april
g april ya mei
huh hah capeeekkkk, mb dedeh lanjutin sendiri ajah

*itu kamus mb nelli :)))).. emm kangen beliau
nuqiechan21 wrote on Jan 13, '11
hehe,,,
13 juni ato 20 juni mpit?
penasulung wrote on Jan 13, '11
adamdesign said
.... bajuku tak cukup lagi ...

scot emulsion ku tumbuh besaar :D
 
jangan jangan jangan
jangan lagi kak adam... jangan minum scoot emulsion lg... susyah cari timbangan yg seperti di lab kami ntar (timbangan bwt berkaki ampe) hehe peace
penasulung wrote on Jan 13, '11
hehe,,,
13 juni ato 20 juni mpit?
20 juni lebih kereeeen mb.. ^o^
ramarizana wrote on Jan 13, '11
tanggal 11 bulan 11 tahun 2011
adamdesign wrote on Jan 13, '11
penasulung said
jangan jangan jangan
jangan lagi kak adam... jangan minum scoot emulsion lg... susyah cari timbangan yg seperti di lab kami ntar (timbangan bwt berkaki ampe) hehe peace
 
gubrak :p
emang aku sapii? :p
penasulung wrote on Jan 13, '11
ramarizana said
tanggal 11 bulan 11 tahun 2011 
aamiiiiiiiinnn ya rabb.. dengarkan do'a kami
:">
rama tadi berdo'a apa ? ^o^
penasulung wrote on Jan 13, '11
adamdesign said
gubrak :p
emang aku sapii? :p
 
bukan kak adam.. bukann.. cuma khawatir,, khawatir menyaingi :)) :p
penasulung wrote on Jan 13, '11
hwwibntato said
he he he ...
mantap ...!
ayo, semangat ...
 
maaf kak hen kelewat (sorry)

insya ALLAH... lg ngisi pertamax banyak2 ini kak hen ^o^
fitra25 wrote on Jan 13, '11
numpang baca...
penasulung wrote on Jan 13, '11
tp masih kerenan aku B-) 
wew.. sy dittodong.... baiklah baiklah.. mb juga kereenn deh *terpaksa :p :))
penasulung wrote on Jan 13, '11
fitra25 said
numpang baca... 
:(
ya udah deh.. sok mangga... selesai baca.. jgn lupa tinggalin infak (iuran faksa) nya ya fit
alwaysselalu wrote on Jan 13, '11
penasulung said
bukan om hakim sekarang 130111
coba liat kalendernya lg deh
 
13 itu tanggal lahirku kata emak saya
penasulung wrote on Jan 13, '11
13 itu tanggal lahirku kata emak saya 
waahh met milad om (januari kan?)
semoga kita2 segera di undang makan2 ^o^
dan semoga sisa usia lebih berkah
alwaysselalu wrote on Jan 13, '11
penasulung said
dan semoga sisa usia lebih berkah 
amiiiiiiiiin...
Januari..??

Itu MJ kali :D
penasulung wrote on Jan 13, '11
amiiiiiiiiin...
Januari..??

Itu MJ kali :D
 
ohya januari ?? -_-

MJ itu apa om ? :D
dayantolis wrote on Jan 13, '11
eh bisa juga :)
gadisamnesia wrote on Jan 13, '11, edited on Jan 13, '11
hahahhax.. keren juga ..

>* Lentik cemara dlm tarian senja..
Sepoi bayu mesra menyapa..
Liuk surya dlm bias semburat jingga..
Anggun melenggang plg ke peraduannya..
...* Elok semesta penuh Pesona..
Jelang sore nan mesra..
Bw rindu tuk segala CINTA..
Pada DIA Sang Maha Bijaksana..
Alhamdulillah u segala yg ada..
>* Assalamualaikum semesta dan saudaraku .. Salam sejahtera..
penasulung wrote on Jan 13, '11
dayantolis said
eh bisa juga :) 
bisa bisa aja :D
penasulung wrote on Jan 13, '11
hahahhax.. keren juga ..

>* Lentik cemara dlm tarian senja..
Sepoi bayu mesra menyapa..
Liuk surya dlm bias semburat jingga..
Anggun melenggang plg ke peraduannya..
...* Elok semesta penuh Pesona..
Jelang sore nan mesra..
Bw rindu tuk segala CINTA..
Pada DIA Sang Maha Bijaksana..
Alhamdulillah u segala yg ada..
>* Assalamualaikum semesta dan saudaraku .. Salam sejahtera..
 
waalaikumsalam wr wb..
wah manteb mb sefa keren keren ^_^b
dayantolis wrote on Jan 14, '11
ya ya
gadisamnesia wrote on Jan 14, '11
penasulung said
waalaikumsalam wr wb..
wah manteb mb sefa keren keren ^_^b
dari lahir aq emang keren.. haha
penasulung wrote on Jan 14, '11
dayantolis said
ya ya 
:)
penasulung wrote on Jan 14, '11
dari lahir aq emang keren.. haha 
senasib kita ya mb
jaraway wrote on Jan 15, '11
yup.. dia pasti kan berlalu.. smangaaaaDD,,
penasulung wrote on Jan 15, '11
jaraway said
yup.. dia pasti kan berlalu.. smangaaaaDD,, 
insya ALLAH ^^