Friday, October 8, 2010

Menulislah.....





Kekuatan ruhiyah tidak hanya di peroleh dengan mengikuti ta'lim-ta'lim atau halaqah, ataupun dengan membaca buku saja. Menulis juga adalah salah satu sumber dari peningkatan ruhiyah, karena dengan menulis segala hal-hal yang masih mengganjal bisa tertuangkan, dan sering kali disaat menulis hal-hal yang belum pernah diketahui datang dengan sendirinya, menumbuhkan daya kritisasi diri juga bisa dengan menulis.

Banyak orang yang mengatakan merasa kesulitan ketika harus menulis, meski itu hanya dalam bentuk curhatan. sulit untuk memulainya begitu pengakuan banyak orang, Namun sebenarnya menurut dari analisaku sendiri, sulit memulai itu disebabkan karena ketidak pede-an saja. Semua orang bisa menulis, sebagaimana semua orang bisa berbicara mengeluarkan isi hatinya, perbedaannya hanya terletak pada gaya penulisan dan pemilihan kata-kata saja. tidak masalah sebagus atau sejelek apapun tulisan itu yang terpenting adalah tuliskan apa yang ada difikiran. Banyak ilmu yang didapat, dan banyak pengetahuan baru yang muncul seketika disaat menulis. Selain itu perbendaharaan kata-kata juga bertambah seiring dengan intensitas menulis. Setiap manusia memiliki daya kreatifitas masing-masing termasuk dalam kreatifitas dalam menulis. Menulis dikatakan bakat, mungkin ada benarnya, akan tetapi bukankah seseuatu yang dilakukan berulang-ulang akan meningkatkan kemahiran juga. I think like that.

Menulis dapat meningkatkan ruhiyah adalah disaat menuliskan imajinasi-imajinasi yang sering kali datang tiba-tiba dan pertanyaan-pertanyaan yang sering kali muncul disaat suatu kondisi menyentil fikiran. Menghubungkannya dengan ayat-ayat Qauliyah dan kauniyah nya ALLAH akan membangkitkan rasa takjub dan rasa keingin tahuan untuk terus belajar dan belajar.

Tak ada yang sulit jika ada kemauan. Kemauan adalah faktor terpenting untuk mengupgrade semangat. Rasa ingin tahu adalah faktor penentu selanjutnya. Ketekunan dan kesabaran adalah faktor penentu titik akhir dari hasil yang akan diperoleh.

Jika ada kemauan segala hal bisa dilakukan. Dalam belajar kemauan saja tentu tidak cukup harus membangun rasa ingin tahu yang mendalam juga, Dan tak cukup hanya di kemauan dan rasa ingin tahu saja. Sering kali kebosanan muncul tiba-tiba disaat menemui kesulitan ditengah jalan oleh karena itu diperlukan ketekunan dan kesabaran, untuk terus menjaga motivasi dan menjaga kontinuitas rasa ingin tahu itu.

Menulislah, maka akan kau temukan sesuatu yang berbeda didirimu. chayooo !!

Pensul, bogor, 8 oktober 2010

No comments:

Post a Comment