Saturday, April 16, 2011

Bila engkau Gelisah


Pada suatu ketika seseorang datang meminta nasihat kepada sahabat rasul bernama 'Abdullah bin mas'ud r.a, lalu ia berkata ; "wahai ibnu mas'ud, berilah nasihat yang dapat kujadikan obat bagi jiwaku yang gelisah, dalam beberapa hari ini hatiku merasa tidak tentram, jiwaku gelisah, dan fikiranku kusut, makan tak enak, dan tidurpun tidak nyenyak".

Lalu ibnu mas'ud pun menasihati, "jika penyakit itu yang menimpamu, maka bawalah hatimu mengunjungi tiga tempat, yaitu : (1) ke tempat orang orang yang membaca Al-Qur'an lalu ikutlah membacanya atau dengarkanlah baik-baik bacaan bacaan ayat yang dibacakan,atau (2) pergilah ketempat majlis pengajian yang mengingatkan hati kepada Allah, atau (3)Carilah waktu dan tempat yang sunyi, berkhalwatlah dengan Allah disana. Dapat engkau lakukan dengan melaksanakan sholat malam disaat yang lain sedang tertidur, meminta dan memohonlah kepada Allah agar diberi ketenangan hati, ketentraman jiwa, dan kemurnian hati. Seandainya jiwamu belum juga terobati dengan cara ini maka engkau mintalah kepada Allah agar diberi hati, karena hatimu yang kau pakai itu bukan lagi hatimu".

Setelah orang tersebut kembali kerumahnya, diamalkannyalah nasihat ibn mas'ud r.a. Dia pergi berwudu' lalu diambilnya mushaf Al-Qur'an. Maha suci Allah atas segala kehendaknya, maka berubahlah kembali jiwanya menjadi jiwa yang tenang dan tentram, fikirannya kembali jernih, dan kegelisahannya hilang.

Allahu Rabbi... ighfirly ya rabb ...

Rujukan : Rambu Belajar Al-Qur'an dan Mengajarkannya

1 comment:

  1. Mashallah yaa....allah swt itu benar benar mengetahui segala isi hati hamba hambanya....ku yakin itu.........inshaallah.

    ReplyDelete