Wednesday, April 13, 2011

Untuk kita semua [Al-Qur'an, part 2]

Salah satu hal yang dapat menjaga motivasi adalah dengan menulis [me]. So, berniat untuk melanjutkan review buku dari ustd. Abdul Aziz Abdur Rauf. Sedikit bercerita, beliau ini adalah ketua yaysan Markaz Qur'an Depok. Ada niat ingin nyantri disini juga namun ternyata ma'had ini memfasilitasi asrama hanya untuk ikhwan saja. Akhwat hanya difasilitasi untuk belajar saja maksudnya tanpa mondok. Untuk ikhwan & akhwat apalagi yang berdomisili di depok, kenapa tidak mengambil kesempatan besar ini ? ;). Lagi lagi prolog saya memang panjang ^^.
ok. kita lanjut dengan tips dari ustadz. aziz dalam menghafal Al-Qur'an.

BAB II : Kunci Sukses Perjalanan

  1. Gunakan Mushaf 1 tipe : Imam syafii mengatakan :"Tiga hal yang dapat menyehatkan mata; melihat mushaf, melihat ka'bah, dan melihat pepohonan yang hijau". Tujuan menggunakan satu mushaf 1 tipe saja agar hafalan tidak terkacaukan karena posisi posisi ayat yang berubah. Cetakan Al-Qur'an berbeda beda tipe. Dalam hal ini disarankan menggunakan Al-Qur'an pojok yang setiap lembarannya pehentian ayat. Saya tambahkan ; gunakan al-Qur'an yang berterjemah untuk lebih memudahkan dalam penghafalan. Disaat muraja'ah seolah-olah membaca al-Qur'an dalam fikiran dan memahami artinya.
  2. Bergurulah : Belajar Al-Qur'an tidak bisa otodidak. Memerlukan guru, agar kesalahan tidak terus menerus terulang. Guru juga dapat menjadi sumber dan pertahanan motivasi.
  3. Mulailah menghafal dengan juz 30 : tujuannya adalah sebagai latihan awal agar tidak terkaget nanti disaat hafalan sampai pada ayat-ayat yang panjang. Namun, sebenarnya ini tergantung orangnya. Ada temen saya di kampus yang memulainya dari juz 1 malah. kalau kata teman saya ini, memulai dari depan itu seperti pepatah yang mengatakan bersusah susah dahulu bersenang2 kemudian.. [pas g c pepatahnya hehe], maksudnya kalau sudah terlewati yang paling sulit insya Allah yang paling mudah nanti akan lebih cepat hafalannya. begitu katanya. untuk itu pilih yang mana yang terbaik buat kita saja. jangan terlalu terpaku pada satu tips. ^^b
  4. Kenalilah Karakter Juz dan surat : ustadz. aziz mengatakan dalam bukunya ada beberapa surah yang tingkatan kesulitannya lebih menurut pengakuan dari banyak orang. namun disini tidak saya tuliskan surahnya agar tidak mensugesti kedalam fikiran. ^^v
  5. Bacalah Tafsir : "perumpamaan orang-orang yang dipikulkan kepadanya taurat, kemudian mereka tiada memikulnya adalah seperti keledai yang membawa kitab kitab yang tebal" (Q.S al-jumuah :5). Tawazun.. agar jangan sampai hingga suatu hari nanti hafal 30 juz tapi hanya sekedar hafalan tidak mengerti apa yang dihafalkan, seperti keledai memikul buku tebal namun tidak tahu apa yang ia pikul.
  6. Pilihlah Waktu yang tepat : Kebanyakan orang mengakui waktu yang paling mudah dalam menghafal adalah di pagi hari sebelum subuh dan setelah subuh. Namun ini juga kembali kepada masing masing individu, yang terpenting untuk diperhatikan itu adalah kedisiplinan terhadap waktu yang telah dipilih.
  7. Pilihlah tempat yang cocok : tempat yang cocok adalah tempat yang memberikan ketentraman bagi jiwa, kondusif untuk konsentrasi. dan satu hal lagi jika memungkinkan, tempat yang penghuninya tidak ada yang dikenal sehingga membuat asyik untuk ngobrol dan bercanda.
  8. Menyendiri : "termasuk laki laki yang akan dinaungi Allah di mahsyar nanti adalah laki laki yang berdzikir kepada Allah dengan menyendiri kemudian berlinang air mata" (H.R Muslim). Dengan menyendiri akan lebih mudah untuk berkonsentrasi.
  9. Buatlah perencanaan Target dan Jadwal : Untuk hal ini mungkin sudah menjadi hal yang biasa dilakukan dalam hal apapun. Saya tambahkan : jika target dan jadwal yang telah kita buat melenceng maka Iqob kan diri sendiri dengan iqob untuk peningkatan hafalan. misalnya ; dengan mentargetkan 2x lipat hafalan dari yg biasa.
  10. Sibukkan dirimu dengan Al-Qur'an : Menghafal dan tilawah Al-Qur'an jangan menggunakan waktu waktu sisa, tapi gunakan waktu waktu khusus yang telah dijadwalkan. Berinteraksi dengan al-Qur'an sangat membutuhkan kecintaan yang tinggi terhadapnya, untuk menumbuhkan kecintaan itu harus ada hubungan yang intensif. Memberikan waktu yang banyak untuk Al-Quran akan mengatasi futur.

Semoga Keistiqamahan Allah berikan kepada para penghafal Al-Qur'an. Mari Terus Berjuang !!!

to be continue... [Bab 3]

No comments:

Post a Comment