Friday, December 27, 2013

Abjad Thailand

Salah satu keunikan suatu negara menurut gw adalah ketika negara tersebut memiliki cara penulisan abjad sendiri seperti Korea, Jepang, Thailand, India China dll. Mempelajari penulisan abjad suatu negara menyenangkan dengan catatan kalau moodnya terjaga, penulisan abjad yang baru bisa gw kuasai saat ini hanyalah Hangulnya Korea *bangga* (penulisan loh ya bukan bahasanya, klu bahasanya jelas belum menguasailah,terkecuali gw tinggal di sana :p). Hiragana-Kataka-nya Jepang dulu pernah belajar tapi berhenti belajar sebelum menguasai    -_-" artinya belum bisa. Sekarang  lagi tertarik sama tulisan Thailand (bener nggak ya Abugida namanya?), tapi itu susehnya minta ampyuunn brooo-sis @____@...lagian kayaknya gw suka ama nie negara gara-gara suka ama seseorang yang berkebangsaan Thailand doang dah wkwkwkwkk *dodol*....seperti halnya dulu awal suka sama hangul-nya Korea wkwkwkwk gara-gara suka ama si eeteuk hahahhaa :p :p, secara die suka update twitter dan gw kagak ngarti apa yang die omongin kan bikin semangat belajarnya :p :p. Nah, ini juga gara-gara suka ama si itu tuh yang punya nama kecil 'ter' itu *wink wink* bikin gw pengen belajar abugida juga haha....

Abugida itu mirip kayak tulisan jawa, sunda dan India. Letak perbedaan antara huruf itu susyeh bedainnya, dan lagi jumlah hurufnya yang banyak 44 konsonan 28 vokal pegimane gw ngapalinnya coba -_-".

Ini nieh gambar tulisan abugida yang kriwel-kriwel itu :




Udah mule bisa nulis lagi gw nieh yihaaaaa *wink wink*..... dulu gw sering ngeblog itu pas dimasa-masa skripsi sekarang juga lagi masa-masa tesis mule nulis lagi... kenapa ide nulisnya muncul di saat genting untuk suatu hal ya? -____-a.... apakah ini suatu godaan? au ah gelap..... nyok turu ae :p :p


1 comment: