Friday, March 5, 2010

PPM AL - INAYAH


PPM Al- inayah (pondok pesantren mahasiswa al - inayah) merupakan ma'had yang dikhususkan bagi mahasiswa IPB darmaga yang ingin menambah pengetahuan agamanya disela-sela kesibukan kuliah dan organisasi kampus. Ma'had ini Dibawah bimbingan dari ustadz. Romli suja'i yang sebelumnya pernah dipegang oleh ustadz. Didin Hafiduddin.

Asrama/pondok Santri ikhwan bernama al-inayah sedangkan untuk yang akhwat Al-iffah. Ma'had mahasiswa ini berbeda seperti ma'had-ma'had biasanya yang dikhususkan hanya untuk belajar agama saja. Kesibukan mahasiswa dengan tugas dan laporan-laporan yang banyak membuat intensitas pertemuan kajian hanya dimulai setelah sholat maghrib sampai jam 20.00 wib dan setelah sholat subuh sampai jam 06.00 wib setiap hari kecuali sabtu malam dan ahad pagi dijadikan sebagai hari libur.

ISPA ( ikatan santri pesantren al-inayah ) adalah sebagai sarana santri dan santriwati untuk mengapresiasikan kegiatan-kegiatan yang bernafaskan islami. Mulai dari kegiatan sosial hingga kegiatan yang sifatnya peningkatan ruhiyah bagi santri dan santriwati al - inayah sendiri.

PPM al-inayah yang berlokasi strategis memudahkan santri dan santriwati untuk akses ke kampus. Jam malam yang ketat untuk santriwati meningkatkan kedisiplinan bagi yang memiliki aktifitas malam seperti, yang ikut dalam organisasi BEM dan DPM yang biasanya rapat selalu dimalam hari. Mahasiswa yang memiliki keinginan untuk menjadi santri di ma'had ini harus melalui tahapan-tahapan proses yang diselenggarakan oleh santri dan santriwati angkatan sebelumnya. Jika santri/santriwati yang belum mendapat kesempatan untuk bisa bertempat tinggal di asrama, bisa menjadi santri non mukim yang berarti untuk tempat tinggal boleh dimana saja akan tetapi bisa mengikuti ta'lim setiap harinya, sebagaimana santri/santriwati yang bermukim di asrama.


Asrama ikhwan



Asrama Akhwat

PPM Al- Inayah



Ta'lim bersama ustadz. jajat sudrajat

1 comment: