Monday, April 11, 2011

Untuk kita semua [Al-Qur'an, part 1]



Do you know ustadz. abdul aziz abdur ra'uf, al-hafidz, Lc ?

ANDA PUN BISA MENJADI HAFIDZ AL-QUR'AN adalah judul buku yang beliau tuliskan dalam seri ke-2 Menghafal Al-Quran itu MUDAH.

Beliau menjadi hafidz Qur'an pada usia 18 tahun. subahanallah. Lingkungan memang salah satu faktor yang dapat menambah dan mempertahankan semangat dalam menghafal. Ayah beliau adalah salah satu gurunya dalam belajar Al-Quran, terang saja semangatnya cukup terjaga. Dengan demikian, apakah bisa dari yang basic umum dan keluarga yang 'biasa-biasa' saja dapat menjadi hafidz/hafidzhoh ? Tentu, tentu bisa. Karena Al-Qur'an Allah turunkan mudah untuk dipelajari. Dan iman pun tidak dapat diwarisi meski seorang ayah adalah seorang hafidz belum tentu seorang anak akan mengikuti, kalau begitu tidak menutup kemungkinan jika seorang ayah yang bukan hafidz memiliki anak yang hafidz.

orang-orang yang dapat menghafal Al-Qur'an adalah orang-orang yang hatinya bersih. ilmu itu cahaya dan cahaya itu hanya dapat masuk kedalam hati yang bersih. Dengan demikian benerlah bahwa Hafalan itu lebih mudah hilangnya daripada ikatan seekor unta. hilangnya tak lain tentu karena adanya maksiat masuk kehati. Namun, akankah karena mudahnya ia hilang lantas berhenti dan berputus asa dalam menghafal ?. Berhenti menghafal sama artinya dengan berhenti berusaha dalam mensucikan diri.

So, now, tak ada alasan lagi untuk berputus asa dalam menghafal. Berikut ini adalah beberapa kiat-kiat menghafal yang ustadz aziz tuliskan dalam bukunya :

BAB 1 : Menapaki Awal Perjalanan. [persiapan awal]

  1. Yakinlah bahwa Al-Quran bisa dihafal : " dan sungguh telah kami mudahkan Al-Qur'an untuk diingat. Adakah orang yang mau mengambil pelajaran?" (Q.S al-Qamar :17). 'dan Aku telah menurunkan kepadamu Al-qur'an yang tidak tercuci dengan air dan dapat kamu baca dalam keadaan tidur dan terjaga' (H.R. Muslim). Dari ayat dan hadist tersebut menunjukkan bahwa Allah dan RasulNya telah menjamin bahwa Al-Qur'an bisa dihafal.
  2. Yakinlah dengan hari akhirat : Akhir dari kehidupan yang pertama adalah hari menuju hari akhirat. Mengingat akhirat seperti mengingatkan pada perbekalan menuju kehidupan yang kedua yaitu kehidupan hakiki yang diharapkan semua insan yaitu Surga. Salah satu jalan mempersiapkan perbekalan adalah dengan Bacaan Al-Quran. Telah Allah janjikan bahwa membaca 1 huruf al-Qur'an akan mendapat ganjaran 10 kebaikan.
  3. Membangun Hoby membaca Al-Qur'an : Interaksi akan lebih intensif jika sudah menjadi hobby. Dengan demikian menghafalpun akan semakin mudah karena lisan dan mata akan lebih akrab dengan bacaan-bacaan Al-Qur'an yang sering diulang-ulang. Bukti bahwa membaca Al-Qur'an sudah menjadi hobby ; ketika sehari tidak sempat membaca Al-Qur'an akan terasa ada yang kurang dalam dirinya.
  4. Perbaikilah Bacaan : Pentingnya memperbaiki bacaan adalah agar kalimat-kalimat Allah tidak salah terucap yang mengakibatkan fatalnya makna dan arti.

Untuk Persiapan awal menghafal bisa memegang 4 point ini terlebih dahulu. Dan untuk tahapan selanjutnya akan saya review di tulisan selanjutnya. Mari BERJUANG !!!

1 comment:

  1. Adik kakak suka dengan masukan ini inshaalah di baca semua sambungannya ya inshaallah...

    ReplyDelete